Tatacara pendaftaran sebagai bakal calon anggota MWA UGM, dilakukan secara daring (online)
Untuk melakukan pendaftaran (sign up), gunakan email aktif, sebagai contoh : suprapto@gmail.com atau suprapto@ugm.ac.id
Persyaratan administrasi yang harus diunggah dapat dilihat di halaman persyaratan administrasi
Untuk kategori pendaftaran dari unsur tokoh masyarakat, alumni, mahasiswa, dan tenaga kependidikan
pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui halaman : pemilihanmwa.ugm.ac.id/pendaftaran/
- Mendapatkan akun pendaftaran : yaitu dengan cara memilih daftar (sign up), kemudian isikan email aktif yang akan digunakan sebagai username dan password yang akan digunakan
- Melakukan aktivasi akun: Buka email yang digunakan untuk pendaftaran (sign up), jika sudah melakukan pendaftaran maka akan mendapatkan email konfirmasi yang berisi tautan (link) untuk melakukan aktivasi akun.
- Login ke aplikasi : Setelah aktivasi berhasil, proses login aplikasi dengan mengisikan alamat email dan password yang sebelumnya sudah digunakan untuk proses sign up.
- Pilih kategori (unsur) : Proses selanjutnya adalah memilih kategori pendaftaran dan mengunggah (upload) berkas sesuai persyaratkan pada setiap kategori.
Catatan : Ada dua proses utama dalam pengisian dan pengunggahan berkas pendaftaran. Pertama adalah proses Simpan, pada tahap ini pendaftar masih dapat melakukan editing atau update data. Berikutnya adalah proses Daftar (submit), di tahap ini dokumen sudah terkirim ke panitia seleksi yang ditandai dengan berkas tidak dapat diganti atau diedit.
Untuk kategori pendaftaran dari unsur dosen ( Guru Besar dan non-Guru Besar)
dapat dilakukan secara online melalui halaman : pemilihanmwa.ugm.ac.id/pendaftaran/
- Dosen yang sudah ditetapkan sebagai bakal calon anggota MWA akan menerima email yang dikirim oleh enumerator fakultas, yang berisi username dan password untuk login ke pemilihanmwa.ugm.ac.id/pendaftaran/
- Pengisian persyaratan administrasi : Dosen yang bersangkutan dapat melengkapi (mengunggah) sejumlah dokumen sesuai persyaratan administrasi melalui form unggah dokumen, selama batas tanggal waktu pendaftaran. Jika dokumen sudah sesuai dan lengkap maka dapat langsung dipilih proses Daftar (submit) dokumen ke panitia seleksi.